Pelatihan Petugas SP2TP Puskesmas


                 Pencatatan dan pelaporan adalah indikator keberhasilan suatu kegiatan. Tanpa ada pencatatan dan pelaporan, kegiatan atau program apapun yang dilaksanakan tidak akan terlihat wujudnya. Output dari pencatatan dan pelaporan ini adalah sebuah data dan informasi yang berharga dan bernilai bila menggunakan metode yang tepat dan benar.Seperti sebauh ugkapan yang menyebutkan “Catatlah apa yang kamu kerjakan dan kerjakanlah apa yang kamu catat”. Jadi, data dan informasi ini merupakan sebuah unsur terpenting dalam sebuah organisasi, karena data dan informasilah yang berbicara tentang keberhasilan atau perkembangan organisasi tersebut.

Tuntutan akan data dan informasi ini juga sejalan dengan kebijakan dan strategi pengembangan SIKNAS-ONLINE yang dikukuhkan melalui Kepmenkes RI No.511/Menkes/SK/V/2002 dan dikembangkan didaerah sebagai SIKDA yang berbasiskan data dan informasi. Data dan informasi yang akurat dan reliable sangat didukung oleh sumberdaya manusia yang handal dalam pengolahannya.            

Mengingat sumberdaya manusia pengolah data ini merupakan ujung tombak dari kualitas data dan informasi, maka Dinas Kesehatan Kota Padang melalui bidang yankes seksi puskesmas dan Rumah Sakit mengadakan sebuah Pelatihan terhadap petugas SP2TP Puskesmas. Karena puskesmas merupakan ujung tombak sumber data kesehatan khususnya bagi dinas kesehatan kota dan SP2TP juga merupakan fondasi dari data kesehatan. Sehingga diharapakan terciptanya sebuah informasi yang akurat, representatif dan reliable yang dapat dijadikan pedoman dalam penyusunan perencanaan kesehatan di kota padang.

Pelatihan ini diikuti oleh masing-masing satu orang pengelola SP2TP Puskesmas se-kota Padang yang berjumlah 20 orang img_0402.jpgbertempat di Aula Gedung PKK Propinsi Sumatera Barat pada tanggal 27 dan 28 Februari 2008. dana yang digunakan untuk pelatihan ini bersumber dari dana APBD Kota Padang tahun 2008.

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Bidang Yankes Drg.Hj.Eka Lusti. img_0405.jpgBeliau mengungkapkan pelatihan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi penglola SP2TP terhadap pengisian format SP2TP dan belajar metode pengolahan dan penyajian data yang diolah dari laporan LB1-4 .

Dengan menggunakan metode ceramah yang diselingi diskusi dan brain storming menggairahkan suasana pelatihan. Peserta pelatihan diajak mengemukakan pendapat terutama permasalah yang dihadapi di puskesmas dalam mengelola SP2TP ini. Sehingga dapat dicari solusi secara bersama

Metode latihan juga diterapkan dalam pelatihan ini. Peserta diberi sebuah soal tentang pengolahan data, berupa item yang ada di format SP2TP sehingga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat. Hal ini dilakukan sehingga penyerapan materi SP2TP dapat maksimal sehingga dapat langsung dipraktekkan setibanya di puskesmas masing-masing.

-Pengelola SIKDA Kota Padang-

About these ads

One response to “Pelatihan Petugas SP2TP Puskesmas

  1. Sebenarnya bukan mau komentar sih. Melihat jadwal pelaksanaannya yang sudah lama, ragu juga apakah komentar ini akan dibaca. Saya Fuad, dinkes Mandailing Natal. Di tempat saya juga SP2TP masih berjalan, namun yang jadi masalah adalah software/aplikasi SP2TP untuk pengelolaan datanya. Di Padang pake apa ya? Software/ aplikasi SP2TP yang lama gak bs utk Win XP. Jd kesulitan jg klo komputernya rusak/ bermasalah krn msh Win98. Mohon informasinya ya. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s