Penyebab Anak Susah Makan / Sulit Makan & Tips Membuat Anak Mau Makan Dengan Baik


Ada banyak alasan yang menyebabkan anak kita tidak mau makan secara teratur. Untuk itulah diperlukan cara yang bijak dan baik untuk membuat anak mau makan. Menggunakan cara kekerasan pada anak tidak akan menyelesaikan masalah dan dapat memperparah keadaan.

1. Anak Tidak Mau Makan Karena Sedang Sakit

Anak yang sedang sakit akan kehilangan selera makan dan cenderung sulit untuk mengungkapkannya pada orang di sekitarnya. Untuk itu kita harus selalu memperhatikan anak kita lebih peka lagi jika anak mulai enggan makan. Bawa ke dokter spesialis anak atau puskesmas jika ada tanda-tanda sakit serta minta petunjuk dokter masalah makan anak kita. Beri semangat dengan cerita positif agar anak kembali semangat makan.

2. Anak Tidak Mau Makan Karena Sedang Sedih

Sebaiknya kita cari tahu sebab musabab apa penyebab anak kita sedih agar hatinya kembali tenang karena akan sulit jika anak dipaksa makan ketika sedang murung atau menangis.

3. Anak Tidak Mau Makan Karena Bosan Menu Makanannya

Pelajari dengan baik makanan dan minuman apa saja yang disukai anak dan yang tidak disukai masing-masing anak kita. Atur jadwal menu sehari-hari jangan sampai anak bosan karena makan yang itu-itu saja. Buatlah cerita-cerita positif mengenai makanan yang tidak disukai untuk memotivasi anak seperti cerita popeye dan bayam.

Untuk makanan yang tidak disukai anak, kita akali dengan menghias atau menyamarkan bentuk dan rasa agar anak tidak menyadari kalau makanan yang dia makan adalah makanan yang tidak disukainya.

4. Anak Tidak Mau Makan Karena Pengaruh Orang Di Sekitarnya

Hati-hati memberi contoh kepada anak karena anak bisa meniru kebiasaan buruk yang orang lain baik ayah, ibu, kakak, paman, bibi, adik dan lain sebagainya. Contoh kebiasaan yang mempengaruhi anak yaitu seperti gemar makan junkfood, makan tidak teratur, makan tidak habis / sisa, tidak mau makan jika tidak mau, dan lain-lain.

5. Anak Tidak Mau Makan Karena Kenyang

Hindari makan snack, cemilan, junk food, kue, dan sebagainya mendekati jam makan agar anak tidak kenyang pada saatnya dia harus makan. Terlalu banyak minum susu dan minum air juga bisa menyebabkan kekenyangan pada perut anak. Anak di atas usia 1 tahun bisa mengkonsumsi makanan lain seperti ikan dan sayur-sayuran sebagai pengganti susu.

Semoga anak anda mau makan kembali. organisasi.org

Admin.FZ

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s