sikda kota padang


Untuk mendukung kelancaran siknas online yang telah mulai berjalan pada bulan november 2007 yang lalu, dimana telah dilatih 2 orang pengelola SIK dari masing- masing kab/kota se-Indonesia. Maka Dinas Kesehatan Kota Padang menindaklanjutinya dengan membentuk sebuah tim pengelola sikda kota padang yang terdiri dari 7 orang (1 orang koordinator dan 6 orang anggota). Tim ini diambil dari perwakilan masing- masing bidang yang ada di dinas kesehatan kota padang. Maing- masing tim bertanggunggung jawab untuk mengelola sistem pencatatan dan pelaporan dari bidang dan puskesmas binaan. Dengan ini diharapkan sistem pencatatan dan pelaporan program khususnya SP2TP dapat diupdate dan dianalisa secara kontinue kevalidannya.

Mulai awal tahun 2008 Dinkes Kota Padang mulai membenahi data dari ujung tombak data tersebut yaitu puskesmas. Kegiatan yang kongkrit telah kami laksanakan adalah menggabungkan server siknas onlne dengan sistem LAN yang sudah ada di dimasing- masing bidang dinas kesehatan kota padang. Dengan harapan arus data dan informasi di lingkungan dinas kesehatan kota padang dapat berjalan lancar dan kebutuhan akan sharing data dan informasi dari masing-masing program dapat terpenuhi.

Langkah selanjutnya yang telah dan sedang berjalan sekarang ini adalah bimbingna teknis tim sikda ke Puskesmas yang ada di wilayah kerja kota padang. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan siknas online sehingga puskesmas akan termotivasi untuk mempersiapkan diri untuk menerima pengembangan jaringan siknas online di masa datang. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan membina pengelola SP2TP puskesmas dan membenahi sistem pencatatan dan pelaporannya sehingga dapat mendukung dan memenuhi kebutuhan data dan informasi yang available yang diinginkan oleh siknas online.

Selain rangkaian kegiatan diatas tim pengelola sikda kota padang juga telah merencanakan bberapa kegiatan yang mendukung kebutuhan data dan informasi dari siknas online pada umumnya dan kebutuhan data dan informasi skda khususnya.

Demikianlah segelintir profil dari tim pengelola sikda kota padang. Kami harapkan kritik dan masukan yang membangun bagi kelancaran SIKDA kota padang. Terima kasih.

 

Tim Pengelola SIKDA Kota Padang

 

2 responses to “sikda kota padang

  1. Wordpreessnya udah bisa di buka oleh kab/kota lain. Oke banget dech, bikin kita juga pengen buat website di wordpress juga. Bangusnya tampilan Homenya di perbagus lagi. Bagi-bagi infonya donk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s