Bintek ke Pustu Koto Pulai


img_0322.jpgSejak dimanfaatkan Pustu Koto Pulai Puskesmas Air Dingin pada Januari 2008 yang lalu, masyarakat di tiga kelurahan (kel.koto pulai, kel.balai gadang dan kel. batang kabung ganting) lebih merasa diperhatikan kesehatannya. “Karena akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan lebih terjangkau”, ungkap seorang pasien di pustu koto pulai yang kami tanyai pada saat melaksanakan bimbingan teknis ke pustu tersebut hari ini tanggal 19 februari 2008.

Drg.Darni selaku pimpinan Puskesmas Air Dingin yang merupakan puskesmas induk dari pustu koto pulai juga menuturkan bahwa masyarakat kelurahan koto pulai dan sekitarnya sangat antusias sekali terhadap pendirian pustu ini dan berdirinya pustu ini adalah karna permintaan dari masyarakat kelurahan koto pulai sendiri. Masyarakat menyadari pentingnya sebuah tempat pelayanan kesehatan (puskesmas pembantu) di kelurahan mereka karena akses menuju Puskesmas Air Dingin relatif jauh dari lokasi ini.

Tingginya minat masyarakat dalam pemanfaatan puskesmas pembantu ini terlihat dari jumlah kunjungan yang rata-rata 15- 20 orang sehari. Ini merupakan jumlah yang cukup banyak untuk sebuah pustu yang baru dimanfaatkan , angka dibandingkan dengan jumlah penduduk kelurahan koto pulai sebanyak 3000 jiwa/511 kk dengan kondisi pemukiman penduduk yang berjarak satu sama lainnya. Pustu Koto Pulai ini juga mempunyai jadwal kunjungan dokter umum dari Puskesmas Induknya(Puskesmas Air Dingin) sekali seminggu tepatnya pada hari rabu, dan juga dilayani oleh satu orang bidan yang juga melayani persalinan di rumahnya sebagai praktek sendiri. Hal ini merupakan nilai tambah bagi pustu ini yang membuat stimulan masyarakat untuk memanfaatkan sarana ini lebih kuat.

img_0316.jpg

Letaknya yang strategis di pinggir jalan raya dan berdampingan dengan kantor lurah koto pulai juga otomatis meningkatkan jumlah kunjungan baik ke pustu maupun ke kantor lurah sendiri ungkap lurah koto pulai (Ibu Ernawati). Kondisi ini menguntungkan sekali bagi masyarakat karena dapat menyelesaikan dua urusan sekaligus, bak kata pepatah sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui.

Bimbingan teknis ini merupakan kegiatan rutin Bidang Yankes Seksi Puskesmas dan Rumah sakit yang dilaksanakan tiap tahunnya ke unit-unit pelayanan kesehatan yang berada dalam ruang lingkup Dinas Kesehatan Kota Padang. Kegiatan ini dilasanakan minimal 2 kali ke tiap-taip UPTD. Baik itu ke Puskesmas, Pustu maupun ke rumah sakit. Kegiatan ini bertujuan untuk memonitoring dan mengevaluasi kualitas pelayanan baik secara fisik maupun non fisik, cakupan pelayanan secara program maupun aksesibilitas serta mengetahui permasalahan yang dihadapi di UPTD tersebut untuk bersama dicari solusinya. Sehinggga terciptanya kualitas pelayanan prima yang diharapkan dengan hasil akhir meningkatnya derajat kesehatan yang optimal.

-Pengelola SIKDA Kota Padang-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s