STUDI KOMPARATIF SIKDA KOTA PADANG KE DINKES KAB.PDG PARIAMAN


Pengelola Dinkes Kota Padang beserta Dinkes kab.Pdg pariaman

Perkembangan informasi menuntut kemudahan sistem dan data yang representatif. Bila tidak cepat disikapi maka kita akan jauh ketinggalan. Informasi kesehatan merupakan data yang merupakan indikator dasar dari kemajuan suatu bangsa, oleh sebab itu data dan informasi yang diolah dan dihasilkannya harus valid, reliabel dan representatif sehingga dapat dijadikan acuan perencanaan pembangunan khususnya kesehatan.

Infokes Dinkes kab.Pdg Pariaman

Dinas Kesehatan Kabupaten Pariaman telah menggunakan software infokes untuk entry dan pengolahan data dari puskesmas yang dibawahinya (online 7 puskesmas). Sehingga data yang masuk dapat terolah sesuai dengan kebutuhannya dan juga dapat mengurangi resiko dari human error. Mereka juga menyajikan informasi- informasi kesehatan yang ada di wilayah kerjanya melalui sebuah website.

Latar belakang itulah yang mendasari Tim Pengelola SIKDA Dinkes Kota Padang yang beranggotakan 7 (tujuh) orang mrp perwakilan dari masing – masing bidang (yankes, umum, pmkl, p2p, perencanaan, kesga) melakukan studi komparatif ke Dinkes Kab. Padang Pariaman pada tanggal 24 April yang lalu.

Dari hasil pengamatan dan wawancara dengan pengelola SIKDA Dinkes Kab. Padang Pariaman, Infokes dan Website ini sangat membantu dalam pengolahan data, efisiensi dan efektifitas data sesuai kebutuhan Dinkes Kab.Padang Pariaman.

Hasil studi kamparatif ini akan diterapkan dan dikembangkan sekembalinya di Dinkes Kota Padang, tentunya dengan kualitas yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan Kota Padang. Menimbang di Dinkes Koata Padang telah memiliki perangkat jaringan dari PUSDATIN DEPKES dan telah dipasang LAN ke tiap bidang yang ada di Kota Padang. Untuk pembuatan sofware dan website resmi serta onlinenya ke puskesmas juga akan dianggarkan dari dana DAK dan dana HWS Kota padang. Tahun 2008 ini Dinkes Kota Padang telah mengajukan anggaran untuk kebutuhan SIKDA dan dionline-kan ke 13 puskesmas dari dana HWS Kota Padang.Harapan kami rencana pengajuan anggaran ini dapat dikabulkan sehingga cita- cita untuk kebangkitan SIKDA di Dinkes Kota Padang dapat terwujud sesuai dengan tuntutan informasi yang sudah open source.

-FZ…Admin-

One response to “STUDI KOMPARATIF SIKDA KOTA PADANG KE DINKES KAB.PDG PARIAMAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s