Pencanangan Pepsodent School Program


             Kegiatan pepsodent school merupakan kerjasama antara PT Unilever pepsodent dengan Dinas kesehatan Kota Padang. Kegiatan ini melibatkan lintas sektoral yang bekaitan langsung dengan kegiatan ini spt; dinas pendidikan, fakultas kedokteran gigi universitas Baiturrahmah, pemko padang dan jajarannya. Kegiatan ini dicanangkan pada tanggal 3 Mei 2008 di SDN 03 Alai Padang oleh Bapak Walikota Padang yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang. Dalam sambutannya Bapak walikota padang menyatakan bahwa kegiatan ini sangat positif dalam meningkatkan kesadaran siswa sejak dini terhadap kesehatan gigi dan mulut, juga mendukung program pendidikan dimana kegiatan belajar siswa tidak terganggu lagi leh masalah kesehatan gigi. Pernyataan ini juga seiring dengan sambutan Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang dr.Hj.Efrida Aziz,M.Sc, dimana kegiatan pepsodent school program ini sangat menunjang kegiatan UKGS (Usaha Kesehatan Gigi Sekolah) yang telah lama dijalan kan oleh Dinkes Kota Padang dan jajarannya.

               Profesional Marketting PT. Unilever yaitu Drg.Ratu Mirah Afifah dalam sambutannya menyatakan ungkapan terimakasih kepada semua pihak yang telah menyambut dan mendukung dengan baik kegiatan school program ini. Rencananya kegiatan ini dilaksnakan mulai bulan mei sampai dengan september 2008 di 385 SD di Kota Padang dimana akan dilaksanakan oleh dua (2) tim dari PT. Unilever.

            Pada kesempatan ini Universitas Baiturrahmah juga secara simbolis menyumbangkan 15 unit Dental Chair untuk 15 SD di Kota Padang. SD yang diprioritaskan mendapatkan dental chair ini adalah SD yang memiliki ruang UKS dan aktif kegiatan UKS dan UKGS. Hal ini dilakukan denag harapan generasi mendatang akan tumbuh dengan gigi dan mulut yang sehat dan memiliki kesadaran akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut. Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis perangkat sikat gigi dari PT.Unilever kepada Kepala Dinas pendidikan Kota padang yang kemudian diserahkan kepada Kepala SDN 03 Alai.

                  Kegiatan ini mendapat sambutan meriah dari semua pihak terutama murid- murid SDN 03 Alai, terlihat dari antusiasme dan tertibnya para murid dalam mengikuti dan mengisi acara ini. Acara diawali dengan pembacaan asmaùl husna dari pasukan asmaùl husna SDN 03 Alai, kemudian dilanjutkan dengan tari pasambahan dan tari payung yang sangat gemulai dari para siswi. Setelah acara sambutan dan penyerahan simbolis dental Chair unit dan perangkat sikat gigi ke pihak sekolah, dilanjutkan dengan acara inti yaitu sikat gigi massal yang dipandu oleh drg dan petugas UKGS dari Puskesmas Alai dan panitia dari PT.Unilever. sikat gigi massal juga didampingi oleh para dokter kecil dari SDN 03 ini. Sikat gigi massal ini dimulai dengan pegolesan pasta pepsodent oleh Kepala Dinas Pendidikan dan ketua yayasan Universitas Baiturrahmah Padang.

       

             Semoga kegitan ini sikat gigi massal ini dapat berlanjut terus melalui kegiatan UKGS setiap tahunnya walaupun tanpa sponsor dari pepsodent. Sehingga kesehatan gigi para penerus bangsa dapat terjaga.

FZ-admin