H1N1 Dinyatakan Tidak Lebih Ganas Dari Flu Biasa


Lihat Gambar

Virus H1N1

Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari mengatakan virus influenza A (H1N1) atau flu babi sudah dinyatakan tidak lebih ganas dari penyakit influenza biasa.

“Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menyatakan bahwa ini tidak lebih ganas dari flu biasa. Tapi kita tetap melanjutkan upaya pengendalian yang sudah dilakukan,” katanya di Jakarta.

Sebelumnya Direktur Jenderal WHO Margaret Chan menyatakan bahwa hampir semua pasien yang mengalami gejala penyakit influenza A (H1N1) bisa pulih total dalam satu minggu bahkan tanpa perawatan medis sekalipun.

Beberapa negara dengan kasus influenza A (H1N1) tinggi termasuk Amerika Serikat, kata dia, sudah tidak lagi menerapkan prosedur khusus untuk mengendalikan penyakit yang awalnya merebak di Meksiko itu.

“Mereka sudah meniadakan alat pemindai suhu, tidak mengharuskan pasien dirawat di rumah sakit dan tidak memberikan obat anti virus oseltamivir pada kasus infeksi ringan,” katanya.

Apalagi, dia menambahkan, virus influenza A (H1N1) di Denmark, Jepang, Hongkong, dan China dilaporkan sudah resisten terhadap oseltamivir atau yang biasa dijual dengan merek dagang Tamiflu.

Namun demikian, dia kembali menegaskan, pemerintah tetap melanjutkan upaya pengendalian penyakit influenza A (H1N1) baru tersebut supaya penyebarannya tidak meluas.

“Upaya kesiapsiagaan tetap dilanjutkan meski untuk itu biayanya cukup besar,” katanya.

Ia mengatakan, pemerintah akan tetap memasang alat pemindai suhu tubuh di terminal kedatangan internasional serta meminta semua penumpang dari negara terdampak mengisi kartu waspada kesehatan (health allert card) untuk menjaring orang-orang yang diduga terinfeksi virus influenza A (H1N1).

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), rumah sakit rujukan dan laboratorium kesehatan, dia melanjutkan, juga tetap disiagakan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang muncul terkait penularan penyakit tersebut.

Masyarakat juga diimbau agar tetap mewaspadai penyakit itu dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, mengenakan masker ketika terserang flu, menerapkan etika batuk dan bersin serta segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan jika kondisinya tidak membaik.(kapanlagi.com)

-fz)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s