Jika Tenggorokan Meradang


Anak yang mengalami radang tenggorokan akan mengalami keluhan rasa kering dan gatal di tenggorokan. Tenggorokannya juga terasa nyeri dan susah menelan makanan.

Suhu tubuhnya naik, lesu, sakit kepala dan sendi serta batuk-batuk. Gejala-gejala itu disebut faringitis atau radang tenggorokan.

Seperti common cold (influensa), faringitis merupakan penyakit yang sering dijumpai. Sebagian besar pernah mengalaminya. Faringitis (pharyngitis) merupakan penyakit peradangan yang menyerang batang tenggorokan atau faring. Dahak pada dinding faring menebal dan sulit dikeluarkan.

Selain karena alergi musiman, biasanya penyakit ini muncul pada anak-anak saat perubahan cuaca. Atau karena polusi udara dan asap rokok radang ini bisa karena virus atau kuman, yang menyerang ketika daya tahan tubuh anak sedang menurun. Namun penyebab tersering adalah virus.

Tidak jarang, radang tenggorok yang disebabkan virus yang disertai dengan hidung meler, demam dan nyeri telinga. Radang karena virus, tak perlu obat antibiotik.

Faringitis yang disebabkan oleh bakteri, biasanya disertai demam yang mendadak tinggi, sakit saat menelan dan pembesaran kelenjar getah bening di sekiter faring.

Yang sering menjadi penyebab radang tenggorok adalah bakteri streptokokus. Pada kasus radang tenggorokan karena bakteri, antibiotik diperlukan. Infeksi karena kuman, bila dibiarkan, bisa menimbulkan kelainan di kemudian hari.

Infeksi ini disebarkan melalui orang ke orang (person to person conduct). Radang oleh virus menular melalui udara. Bila disebabkan oleh kuman, dapat menular melalui ludah. Bila penyebabnya reaksi alergi, hindari faktor penyebab alerginya. Juga,tingkatkan daya tahan tubuh.

Ada dua jenis faringitis, akut dan kronik. Faringitis akut adalah radang tenggorokan yang masih baru. Sedangkan faringitis kronis, radang tenggorok yang sudah berlangsung lama. Biasanya tidak disertai nyeri menelan, Cuma terasa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan.

Pemberian obat suportif atau obat-obat penghilang gejala seperti, analgesik (penghilang rasa sakit), pereda demam dan pereda batuk bisa membantu proses penyembuhan. Mengonsumsi makanan yang sehat, buah-buahan dan vitamin dapat membantu.

Nah, berikut tips penanganannya:

1. Perbanyak minum air hangat bila anak susah menelan.Hal ini juga bermanfaat untuk mengatasi hidung tersumbat.

2. Uap air hangat membantu mengatasi hidung tersumbat dan meler.

3. Kompres hangat atau seka tubuh anak dengan air hangat untuk meredakan demam.

4. Perbanyak makan buah-buahan.

(inilah.com)

-fz-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s