Masker dan Cuci Tangan Cegah Penularan Flu di Rumah


Lihat Gambar


Satu penelitian di Hong Kong menemukan bahwa rutin membasuh tangan dan memakai masker dapat mengurangi resiko penularan virus influenza antara sesama anggota keluarga bila dilaksanakan dengan benar.

Penemuan yang dipublikasikan dalam jurnal medis Annals of Internal Medicine tersebut, dipandang penting untuk situasi pandemi, bila sejumlah pasien harus dikarantina di rumah ketika pihak rumah sakit kekurangan fasilitas ruang isolasi.

“Selama periode pandemi, sumber daya yang ada mungkin tidak mencukupi untuk menampung semua pasien yang terinfeksi flu, dan metode karantina di rumah akan diperlukan,” tulis para peneliti tersebut.

“Hasil penelitian kami menemukan bahwa tangan higienis dan pemakaian masker dapat mengurangi penularan virus bila dilaksanakan sesegera mungkin setelah gejala penyakit tersebut mulai terlihat pada pasien yang pertama sekali terinfeksi virus tersebut.”

Dipimpin oleh ahli kesehatan publik, Ben Cowling dari Universitas Hong Kong, para peneliti tersebut meneliti sejumlah pasien yang positif mengidap baik influenza A atau B.

Bersama anggota keluarga pasien, jarang dari mereka yang sebelumnya masuk dalam salah satu tiga kelompok berikut: kelompok yang memiliki pendidikan kesehatan, kelompok yang teratur membasuh tangan, dan kelompok yang rutin mencuci tangan dan memakai masker.

Dari 259 rumah tangga yang terlibat dalam studi tersebut, 60 rumah tangga didapati terinfeksi virus dalam periode tujuh hari setelah ukuran-ukuran tersebut diperkenalkan. Namun, terdapat penularan yang lebih sedikit dalam rumah tangga bilamana dua saran tersebut telah dibiasakan dengan benar.

“Tangan yang higienis dan masker kelihatannya dapat mencegah penyebaran penyakit tersebut di dalam rumah tangga ketika diterapkan dalam 36 jam dari para pasien yang mengalami gejala-gejala awal penyakit tersebut,” tulis para peneliti tersebut.

“Penemuan ini menunjukkan bahwa penanganan tanpa bantuan farmasi penting untuk mengurangi pandemi dan interpandemi influenza.(kapanlagi.com)

-fz-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s