Tips Merayu Anak Yang Susah Makan


Membuat anak mau makan bisa menjadi sesuatu yang sulit dilakukan apabila anak susah makan. Untuk itu diperlukan tips atau cara khusus untuk merangsang anak agar timbul selera makan. Dibutuhkan kreatifitas dan pengamatan yang seksama pada anak untuk bisa menemukan metode yang tepat.

Pada intinya yang harus dilakukan adalah bagaimana caranya agar acara makan menjadi menyenangkan dan tidak membosankan dengan ritual yang monoton. Menu makanan yang disuguhkan kepada anak pun harus variatif dan menarik serta hindari makanan yang sangat dibencinya agar selera makannya tidak hilang dalam sekejap.

1. Menerapkan Reward And Punishment


Dari awal kita harus membiasakan membat aturan sederhana yang membatasi segala sesuatu yang menyenangkan bagi anak kita. Contohnya seperti si anak tidak boleh nonton tv, main ke luar rumah, main video game, main sepeda, dsb sebelum makanan dihabiskan. Diperlukan lemar atau ruang khusus untuk meletakkan barang-barang favoritnya. Dengan begitu jika ia ingin nonton film kesayangannya dia akan berupaya menghabiskan makanan yang kita suguhkan kepadanya.

2. Makan Berkelompok Dengan Anak Sebaya Tatangga

Kita bisa membuat kelompok makan dengan anak-anak lain dengan tetangga dengan tujuan memberikan sesuatu yang beda daripada makan sendiri di rumah. Kita pun bisa saling bertukar menu makanan sesuai kesepakatan serta membuat acara kompetisi seperti lomba makan cepat, atau lomba lain yang bisa membuat anak senang makan dengan hadiah sederhana tapi menarik. Anak yang sedang asyik bermain dengan teman-temannya pun terkadang menjadi lahap makan.

3. Memberikan Pemahaman Tentang Pentingnya Makan

Coba kita kumpulkan berbagai informasi tetulis dan gambar mengenai pentingnya makan dan minum yang sehat lalu pelajari dan sampaikan kepada anak mengenai pola makan yang sehat. Tunjukkan pula gambar-gambar orang kelaparan / busung lapar serta penyakit lain yang bisa ditimbulkan dari pola makan yang salah. Ajarkan anak juga untuk selalu bersyukur bisa makan dan minum enak dibandingkan kawan-kawannya di belahan dunia lain yang kelaparan.

4. Melibatkan Tokoh Kesukaannya

Jika anak suka dengan film kartun tertentu maka kita bisa mencoba menggunakan perangkat makan yang bertemakan film kartun tersebut. Dengan begitu anak akan menjadi semangat untuk makan dan menikmati waktu makan dengan tokoh-tokoh kegemarannya ada di perangkat makan yang digunakannya. Anak akan lebih suka makan sambil main daripada duduk dengan paksaan untuk makan, sehingga alangkah baiknya jika dibuat permainan yang bersifat edukatif.

5. Biarkan Anak Berekspresi

Mungkin dengan membiarkan anak memilih dan menentukan menu makan sendiri sesuai dengan daftar pilihan ibu dapat membuat anak lebih lahap makan karena anak akan makan makanan yang disukainya. Jika bisa libatkan pula anak di dapur untuk belajar membuat makanan sehingga ia akan lebih menghormati makanan. Jangan ragu untuk membiarkan anak makan sendiri tanpa disuapi tetapi harus tetap diawasi agar acara makan tidak jadi acara yang kacau balau.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Semoga berhasil.organisasi.org

Admin.Fz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s